Di masa remaja ada banyak perihal yang perlu anak- anak hadapi, mulai dari perkara sekolah, masa depan, sahabat, hingga kulit wajah berminyak yang menganggu.

Untuk anak- anak remaja permasalahan kulit berminyak merupakan satu persoalan kulit wajah yang ingin mereka jauhi. Kenapa? Pasti supaya mereka bisa tampak lebih percaya diri dengan wajah yang bebas minyak. Terlebih mengingat kulit berminyak ini merupakan salah satu pemicu munculnya komedo dan jerawat.

Menanggapinya, tidak sedikit anak remaja yang mulai menerapkan perawat kulit wajah seperti orang dewasa, terutama remaja wanita. Mereka rela mengeluarkan banyak biaya atau apalagi menahan diri buat tidak keluar rumah supaya kulit mereka senantiasa terjaga.

Tetapi sanyangnya ada saja anak remaja tidak begitu mengerti mengenai perawatan kulit berminyak yang baik dan nekat buat mengambil tindakan.

Perihal ini terkadang menimbulkan remaja menggunakan ataupun mengikuti perawatan wajah yang salah. Beresiko sekali bukan?

Berikut ringkasan metode mengatasi kulit berminyak pada anak remaja:

1. Teratur membersihkan wajah

Walaupun terkesan biasa saja, membersihkan wajah ternyata bisa membantu mengatasi kulit berminyak. Terlebih bila anak remaja melaksanakannya dengan teratur.

Bersihkan wajah berminyak dengan hati- hati bisa memakai pembersih berbusa maupun gel untuk perawatan kulit sehari- hari. Sebaiknya lakukan mencuci muka sebanyak 2 kali sehari memakai gel yang sesuai dengan kulit berminyak.

Tidak hanya itu, bilas pula kulit wajah setelah berpergian. Tiap kembali sekolah ataupun sehabis berangkat berpergian. Ini perlu dicoba guna melenyapkan kotoran dan debu yang melekat di wajah

Oh ya, jangan lupa buat cuci tangan dan menghapus make- up terlebih dahulu sebelum cuci muka.

2. Memilih produk perawatan yang sesuai dengan kulit berminyak

Anak remaja yang mempunyai kulit berminyak perlu berjaga- jaga dalam memilih produk perawatan kulit dan make- up yang cocok dengan tipe kulit mereka. Pilihlah selalu produk perawatan kulit yang sesuai dengan kulit berminyak. Karena tidak seluruhnya bisa digunakan oleh semua tipe kulit.

Produk perawatan kulit yang sesuai untuk kulit berminyak biasanya berbahan dasar air dan tidak memiliki minyak dan alkohol. Kalian bisa menemukannya dengan label” oil free” ataupun” noncomedogenic” pada produk.

Tidak hanya itu, anak remaja pula bisa memakai produk perawatan kulit wajah yang memiliki tretinoin, glycolic acid maupun salicylic acid. Keduanya bisa membantu membuang minyak berlebih, mengecilkan pori- pori, juga mengatasi jerawat.

3. Menggunakan sunscreen

Bila anak remaja ingin membuat kulitnya terlihat lebih sehat, mereka bisa memakai suncreen secara teratur. Paparan cahaya UV matahari bisa menarik air dalam kulit dan tingkatkan produksi minyak.

Pakai produk sunscreen dengan SPF 30 sehabis memakai pelembab sebelum keluar rumah. Produk semacam ini mempunyai tekstur gel dan bisa dipakai tiap harinya. Tetapi bila anak remaja mempunyai banyak kegiatan outdoor, mereka bisa mengenakan sunscreen dengan SPF 100.

Anak remaja bisa juga memilih memakai produk kosmetik serta fondasi yang memiliki sunscreen.

4. Menghapus make- up sebelum tidur

Untuk anak remaja wanita, jangan lupa buat menghapus make- up sehabis beraktivitas sepanjang hari. Walaupun ada anak lain yang mendapat wajah menawan ketika bangun tidur, ini sebaiknya kalian jauhi.

Tidak menghapus make- up mempunyai akibat yang kurang baik lho untuk wajah. Tidak hanya bisa menimbulkan bermacam permasalahan kulit, semacam jerawat apalagi timbul ruam bergelombang.

Walaupun memang malas, tetapi anak- anak remaja hendaknya senantiasa ingat buat menghapus make- up sebelum mereka pergi tidur, kemudian cuci muka. Bila memang sangat letih buat melakukannya, paling tidak pakai tisu pembersih yang sudah dibasahi buat melenyapkan riasan, kotoran, dan minyak pada wajah.

5. Menggunakan toner

Produk toner bisa membantu mengatasi permasalahan kulit berminyak yang dirasakan anak remaja. Memilih produk toner yang bisa membantu pemulihan kulit, mengecilkan pori- pori yang besar, juga mengangkut sel- sel kulit mati ataupun sisa make- up yang bisa menjadi pemicu pori- pori tersumbat.

Toner yang hendaknya anak remaja pilih yaitu toner yang bebas alkohol tetapi kaya akan antioksidan. Alkohol sendiri bersifat mengikat air sehingga bisa menimbulkan kulit jadi lebih kering. Sebaliknya antioksidan berperan melindungi kulit dari bahaya kehancuran.

6, Memakai pelembab

Pelembab diketahui sebagai barang harus anak remaja yang mempunyai masalah kulit kering. Tetapi ternyata produk skincare satu ini juga bisa membantu mengatasi kulit berminyak. Karena pelembab bisa membantu kurangi kelebihan sebum serta meminimalisir minyak yang menumpuk pada kulit

Banyak asumsi kalau pelembab bisa membuat kulit jadi lebih berminyak, sementara itu sebenarnya tidak asalkan memakai pelembab yang cocok. Memilih pelembab tanpa isi minyak, semacam gel lidah buaya.

Memakainya secara teratur bisa membantu memperbaiki tekstur kulit wajah. Kandungan AHA semacam asam laktat ataupun asam glikolat dalam pelembab membantu kulit meresap serta mempertahankan kelembapan tanpa membagikan minyak tambahan.

7. Bersihkan minyak memakai kertas minyak

Salah satu metode mengatasi kulit berminyak yaitu dengan mengatasi pangkal perkaranya, yaitu dengan” kurangi” produksi minyak berlebih.

Terdapat banyak metode menguranginya, salah satunya dengan memakai face paper atau yang kita tahu dengan sebutan kertas minyak. Produk ini diketahui mampu kurangi kulit berminyak.

Cukup melekatkan serta menepuk- nepuk pelan di area wajah beberapa detik, kemudian angkat. Minyak akan melekat pada kertas tersebut. Jauhi menggosokkan kertas minyak ke kulit wajah ya,karena ini akan menyebarkan minyak ke area wajah yang lain.

Nah, itulah 7 metode mengatasi kulit berminyak pada anak remaja. Pastikan anak- anak remaja tidak hanya menjaganya lewat perawatan, namun pula dengan menjaga pola makan serta tidur yang ternyata ikut mempengaruhi lho. Mudah- mudahan bermanfaat ya!

Leave a comment