Untuk sebagian orang, jerawat tidak menimbulkan sisa di wajah. Namun, buat sebagian orang, jerawat kerapkali meninggalkan sisa yang susah dihilangkan. Walaupun bukan permasalahan besar, noda sisa jerawat di wajah bisa jadi membuat Kamu jadi kurang percaya diri. Tetapi, Kamu tidak perlu takut sebab banyak metode yang dapat Kamu lakukan buat melenyapkan sisa jerawat. Ikuti penjelasannya di sini.

Metode melenyapkan sisa jerawat hiperpigmentasi

Berbeda sisa jerawat, berbeda pula penanganannya. Biasanya, orang berkulit hitam cenderung mempunyai sisa jerawat hiperpigmentasi sebab kandungan pigmen melanin- nya yang besar. Maksudnya, dikala mereka terluka, tubuh hendak memproduksi melanin dengan cepat untuk melindungi kulit dari kerusakan yang lebih parah.

Untungnya, saat ini telah banyak metode untuk menangani sisa jerawat, baik hiperpigmentasi ataupun pergantian tekstur kulit. Mulai dari tata cara simpel yang dapat dicoba di rumah sampai perawatan khusus di dokter kecantikan.

Tidak semacam cedera sisa jerawat, post- inflammatory hyperpigmentation tidak mengganggu folikel kulit. Walaupun hiperpigmentasi akan lenyap dengan sendirinya, ada sebagian metode yang bisa Kamu jalani untuk mempercepat prosesnya, yaitu:

1. Mengangkat kulit mati dengan pepaya

Buah pepaya memiliki senyawa asam bernama alpha- hydroxy acid alias AHA yang berperan sebagai eksfoliator kimia. Pepaya dapat dijadikan salah satu metode untuk membersihkan sel- sel kulit mati di susunan kulit paling atas.

Senyawa AHA tersebut memanglah diperuntukkan untuk kulit kering dan mempunyai dampak antiaging. AHA bekerja dengan melemahkan ikatan lemak kulit sehingga sel- sel kulit mati akan terangkat serta menimbulkan sel kulit yang baru. Zat kimia ini juga memainkan peran dalam penciptaan kolagen.

Pepaya akan membantu mencerahkan warna kulit dan membuatnya terlihat lebih muda. Kamu dapat menghaluskan buah tersebut serta mengoleskannya ke muka ataupun di zona hiperpigmentasi. Cukup diamkan selama 10ā€“ 15 menit kemudian bilas memakai air dengan gerakan memutar secara perlahan.

2. Menyamakan warna kulit dengan kunyit

Semenjak dahulu, warga India sudah menggunakan kunyit sebagai penyembuhan bermacam permasalahan kesehatan. Mulai dari meredakan peradangan hingga melancarkan pencernaan. Ternyata, kunyit juga bermanfaat untuk kulit wajah, apalagi teruji sanggup menghambat pembuatan melanin yang menimbulkan pergantian warna kulit.

Untuk menyamarkan noda hitam ataupun kemerahan sisa jerawat, lagi- lagi, Kamu bisa menghaluskan kunyit serta memakainya sebagai masker wajah. Tambahkan pula sedikit madu buat melembabkan kulit.

Kamu pula bisa mengombinasikan kunyit dengan air perasan lemon supaya membantu mencerahkan wajah. Pastikan kulit wajah Kamu tidak mempunyai cedera terbuka serta tidak sensitif terhadap lemon.

3. Menenangkan kulit serta menyamarkan noda dengan minyak almond

Satu perihal yang perlu Kamu tahu kalau minyak almond untuk wajah berbeda dengan minyak yang digunakan buat memasak. Minyak wajah yang terbuat dari ekstrak kacang almond umumnya ditambahkan bahan lain semacam vitamin E dan niacin alias vitamin B3.

Vitamin E serta niacin turut membantu menyamarkan noda gelap akibat hiperpigmentasi serta membandingkan warna kulit. Minyak almond bersifat non- comedogenic. Maksudnya, minyak tersebut tidak akan menutup pori- pori wajah serta menimbulkan jerawat.

Kamu dapat mengenakan minyak wajah ini sebagai penghapus riasan maupun pelembab. Namun sebelum memakainya sebagai pelembab, Kamu perlu mengenali apakah tipe kulit Kamu cocok dengan minyak almond.

4. Mencerahkan kulit dengan yogurt

Yogurt sanggup memudarkan noda- noda hitam di wajah dengan membersihkan lapisan kulit mati. Yogurt pula mempunyai senyawa lactic acid, ialah salah satu tipe AHA yang sangat lembut di kulit. Lactic acid sanggup mengangkat sel kulit mati.

Tidak hanya itu, lactic acid juga dapat menenangkan kulit, memperbaiki tekstur serta tingkat keasaman( pH) kulit, menyamakan warnanya dan kurangi kemerahan. Kamu dapat mengenakan yogurt sebagai masker. Campurkan dengan madu yang memiliki senyawa antibakteri maupun oatmeal untuk menenangkan kulit.

5. Melindungi kulit dari kehancuran akibat cahaya matahari dengan makan tomat

Untuk memperoleh efek terbaiknya, Kamu sebaiknya memakai tomat dengan memakannya. Bersumber pada riset, mengkonsumsi tomat dengan minyak zaitun bisa melindungi kulit dari kehancuran jangka panjang akibat cahaya ultraviolet. Khasiat tersebut berasal dari zat lycopene yang tercantum di dalam tomat.

Tidak hanya tomat, sebagian buah pula memiliki dampak proteksi yang sama, misalnya jambu biji, semangka, apalagi paprika merah.

6. Menangani cedera dengan lidah buaya

Lidah buaya dipercaya sanggup memudarkan bercak gelap sisa jerawat sebab memiliki aloin. Isi aloin tersebut ada pada gel lidah buaya serta dapat mencerahkan zona kulit yang hitam.

Mengkonsumsi lidah buaya, baik memanfaatkannya di wajah maupun meminum jus- nya, bisa melembabkan kulit, menolong memudarkan bercak gelap, dan menghindari timbulnya cedera sisa jerawat.

7. Mempercepat pengobatan cedera dengan madu

Tidak cuma sanggup melenyapkan sisa jerawat secara natural, madu bisa memesatkan pengobatan cedera. Madu pula dapat kurangi resiko pembuatan jaringan parut pada cedera. Kamu dapat mengoleskan madu pada kulit wajah yang bersih serta mendiamkannya dekat 10ā€“ 15 menit kemudian membilasnya dengan air.

8. Bergeser ke produk skincare

Kulit wajah tiap orang pasti berbeda- beda. Perihal ini membolehkan bahan- bahan natural tidak mempan untuk melenyapkan noda akibat hiperpigmentasi pada sebagian orang. Pemakaian bahan natural juga dapat memunculkan respon negatif sebab tidak diformulasikan khusus buat kulit wajah.

Bila Kamu tercantum orang yang tidak sesuai mengenakan bahan natural, cobalah memakai produk perawatan wajah di pasaran. Yakinkan Kamu mencari produk yang cocok dengan permasalahan kulit Kamu.

Untuk membantu memudarkan noda hitam lebih cepat, Kamu perlu melindungi kelembaban kulit wajah. Produk pelembab yang memiliki gliserin, asam hialuronat, serta retinol, akan mendukung proses perbaikan serta pembuatan sel kulit baru; mengembalikan susunan lipid kulit; dan melindunginya dari kehancuran akibat cahaya UV.

Akhirnya ialah, melenyapkan sisa jerawat hiperpigmentasi dapat dicoba dengan memakai bahan- bahan natural. Apabila noda sisa jerawat tidak juga lenyap, Kamu dapat mempertimbangkan pemakaian produk skincare yang memang diformulasikan khusus buat wajah.

Leave a comment